Jumat, 26 Februari 2021
Umrah Akmal
Berita >> Riau
Puncak HPN 2021 dan HUT ke-75 PWI di Pulau Rupat Ikuti Prokes Covid
Sabtu, 30 Januari 2021 - 09:29 WIB
Puncak HPN 2021 dan HUT ke-75 PWI di Pulau Rupat Ikuti Prokes CovidKetua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang.

PEKANBARU(AKSANEWS.COM) - Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Provinsi Riau tahun 2021 dan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) ke-75 tetap diselenggarakan di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis (pulau terluar Indonesia) pada 7-9 Februari 2021.

Namun untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, wartawan PWI yang ikut ke Pulau Rupat dibatasi hanya 50 orang saja dan harus mengikuti rapid test.

"Puncak HPN dan HUT PWI kita selenggarakan dengan mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) Seluruh kawan-kawan yang ikut perayaan HPN di Rupat kita rapid test terlebih dahulu. Begitu juga saat pulang dari Rupat, seluruh peserta kita rapid test lagi," tegas Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang SSos saat memimpin rapat Finalisasi Rangkaian HPN 2021 di Gedung PWI Riau, Jalan Arifin Achmad Pekanbaru, Jumat (29/01/2021) siang.

Jika dari hasil rapid testnya dinyatakan positif, tegas Zulmansyah, kawan-kawan  diminta legowo untuk tidak berangkat ke Rupat. Karena di Pulau Rupat sampai saat ini masih berstatus zona hijau.

"Tujuan kita meminta seluruh kawan-kawan wartawan untuk dirapid test semata-mata untuk mencegah adanya penyebaran virus corona di Pulau Rupat. Semoga, hasil rapid test kawan-kawan nanti negatif semuanya," ujar pria yang akrab disapa Zum ini seraya menyampaikan, tim awal yang berangkat Sabtu (06/02/2021) akan dirapid test Jumat (05/02/2021). Tim awal dimaksud yakni Ardiansyah MZ Tanjung (Ian Tanjung), Denni Risman, Rohman Hermanto (Omeng), Jinto Lumban Gaol, Ridwan Sinaga, Dara Fitria dan Henny Eliyati (Kenni).

"Kita minta kepada tim awal ini untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan rangkaian kegiatan selama berada di Rupat," kata Zulmansyah sembari menyebutkan, rombongan wartawan dibatasi hanya 50 orang terdiri dari 12 orang dari kabupaten/kota dan 38 orang dari PWI Riau. Dan sebelum berangkat harus mengikuti rapid test yakni Sabtu (06/01/2021) di PWI.

"Semoga kita bisa berangkat semuanya. Itupun tergantung dari izin keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah," ujar Zulmansyah.

Kegiatan PWI di Pulau Rupat antara lain bakti sosial berupa bersih-bersih Pantai Beting Aceh, Penghijauan (Go Green) di Pantai Pesona, Ngobrol Pintar (NgoPi) PWI bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rupat, Bengkalis yang bertemakan "Bagaimana Pokdarwis Mempromosikan Potensi Wisata Pulau Rupat?". Puncaknya adalah Doa Bersama HPN 2021 untuk Bangsa yang dilakukan secara virtual seluruh PWI se-Indonesia bersama Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Gubernur Riau H Syamsuar dan Pj Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi.

"Khusus untuk NgoPi PWI bersama Pokdarwis Rupat, Bengkalis ini, narasumbernya Harry B Koriun (Riaupos.co) dengan materi "Berpromosi di Media Online", Denni Risman (ZamrudTV) dengan materi "Berpromosi di Medsos", Arif Budiman (TVONE) dengan materi "Berpromosi di Media TV" dan Kunni Masrohanti (Harian Riau Pos) dengan materi "Berpromosi di Surat Kabar"," beber Zulmansyah.

Selain acara NgoPi, sebut Zulmansyah, di lokasi acara juga ada kegiatan penanaman pohon cemara pantai bantuan dari BPDSHL Indragiri Rokan. Jumlah pohon cemara yang ditanam ada sekitar 50 batang. Disamping itu, juga ada turnamen domino.

"Demi suksesnya seluruh rangkaian kegiatan tersebut, kepada seluruh panitia yang ditunjuk sesuai tanggungjawabnya diminta untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan," pesan Zulmansyah.(an/rls)